MAESTRO BONSAI WIRE TAIWAN

Xin_Front
KARYA XIE YINGDE

KARYA XIE YINGDE

TIDAK banyak orang menerjuni hobi ini, membuat bonsai dari anyaman kawat alumunium. Pertama, hobi ini membutuhkan ketrampilan tingkat tinggi dan rasa seni yang mumpuni, butuh pengetahuan tentang anatomi pohon, juga akurasi dan presisi. Tetapi, Xie Yingde memilih jadi seniman bonsai kawat ketimbang seniman bonsai layaknya di seluruh penjuru dunia.

Xie Yingde adalah salah satu master di bidang gardening dan landscap yang disegani di Taiwan. Sarjana pertanian lulusan Universitas Chiayi ini menghabiskan waktu sekitar 10 tahun untuk berkreasi dalam bidang drni bonsai kawat. Kini karya-karyanya itu cukup fenomenal, mulai beredar di beberapa negara, permintaan datang nyaris tak teratasi, setelah beberapa ikut pameran. Bahkan kini telah mempunyai mitra asing untuk produksi dan bisnisnya yang spesifik ini.

KARYA XIE YINGDE

KARYA XIE YINGDE

Xie Yingde kini berusia 38 tahun, lulus dari Fakultas Pertanian di Chiayi. Bakatnya luar biasa, sementara pengenalan akan karakter dan anatomi pohon barangkali menurun dari ayahnya, Xie Xixiong, seorang sipir di penjara Kaohsiung yang tak pernah putus asa mengajar para narapidana bercocok tanam.

“Yang saya lakukan pada seni bonsai kawat ini adalah membuat batangnya dulu, baru kemudian membuat cabang dan ranting, terakhir membuat daun-daunya,” kata Xie Yingde.

Mula-mula dia membuat ayam atau burung elang dari kawat. Kemudian suatu saat melihat pameran bonsai, ia kemudian terinspirasi. Jadilah bonsai-bonsai kawat bergaya formal, seperti pohon-pohon layaknya di alam. Belakangan Xie Yingde mulai (dengan kawatnya) berekplorasi ke bonsai-bonsai eksrtrim, seperti gaya cascade, windsweapt dan bahkan deadwood dengan menggunakan dua macam jenis kawat almunium: warna Perak dan Tembaga.

KARYA XIE YINGDE

KARYA XIE YINGDE

“Proses produksi adalah masa-masa yang membosankan sekaligus menantang,” kaya Xie Yingde. Belum lagi mencari batu yang pas untuk style bonsai over the rock.

Kini kerja keras Xie Yingde mendapat respon yang luar biasa, banyak yang menyarankan agar diproduksi secara masal, pesanan pun membanjir dari Jepang, Paraguai, China dan Malaysia.

7 Comments

  1. Suryawan says:

    you are genius man ….
    salut

  2. HARYADI says:

    Great!
    Inspiring

  3. HARI BAKTI says:

    bursabonsai.com
    dimana saya bisa membeli bonsai kawat Xie ini?
    thx

  4. Hello,

    I realy like your wire bonsaï.
    Do you sell and send to france ?
    What about your prices ?

    Thanks in advance
    Phil.

  5. Di Jakarta ada yang jual ga ya?

  6. Kita akan mengadakan kontes pembuatan bonsai kawat di acara “International Bonsai Art & Culture Biennale 2014″ di Yogya tahun depan…

  7. Touch The Nature says:

    I would better to have real bonsai than these wire bonsai

Leave a Reply

Copyright © 2013 bursabonsai.com · All rights reserved