THOMAS B SANTOSO, SANG KOLEKTOR

yap_Front

THOMAS BUDI SANTOSO

KOLEKSI batu suisekinya bertebaran di lantai dua kantor pusat PT Djarum di kota Kudus, lumayan susah untuk menghitung jumlahnya. Demikian pula koleksi  bonsainya, bertebaran di sepanjang teras belakang lantai dua kantor pabrik rokok terbesar di Indonesia itu.
Lelaki ramah ini memang orang nomor satu di PT Djarum, namanya Thomas Budi Santoso. Dia menjabat sebagai Chief Operating Officer (CEO) sekaligus direktur produksi. Tetapi kenapa hobinya mengkoleksi batu suiseki dan berbonsai-ria?

“Saya mengumpulkan batu-batu (suiseki) ini semata-mata karena menghargai karya seni,” kata Om Yap –panggilan akrab Thomas Budi Santoso– pada Iwan Gajah dari www.bursabonsai.com.

Bonsai koleksi Thomas Budi Santoso

Pembuat brand name legendaries Djarum Super ini meyakini, batu suiseki merupakan salah satu karya seni Tuhan. Batu-batu bertema ini alami layaknya ketika ditemukan di alam, tanpa perubahan sedikitpun kecuali dibersihkan dan di beri tatakan alias baki, untuk mempercantik penampilannya.

Saat ini jumlah koleksi batu suiseki  Om Yap lebih dari 60 buah. Hampir semuanya berkualitas, pilihan, sebagian didisplai di sudut-sudut ruang kerja  lantai dua PT Djarum Kudus, sebagian di display di rumahnya.  Baginya harga tidak begitu masalah, yang terpenting adalah nilai seninya.

FICUS LONGISLAND koleksi Thomas Budi Santoso

Oleh karena itu sering kali ada orang tiba-tiba datang sambil membawa segala batu, tak jarang asal batu. Batu yang secara kekerasan, tekstur maupun tema-nya tidak memenuhi standar batu suiseki.
“Kalau hobi bonsai saya memulai sudah sejak 30 tahun lalu,” kata Om Yap. Lelaki energik ini pun kemudian mengajak www.bursabonsai.com melihat satu demi satu bonsainya, bercerita panjang lebar tentang suka dukanya.
Mayoritas bonsai koleksi Om Yap siap kontes, siap merebut bendera dan gelar juara. Ada sekitar 40 pot bonsai di kantornya, dari ukuran small sampai large. Ia tak fanatic pada spesies pohon, tetapi khusus untuk jenis ficus (beringin) rata-rata koleksi bonsainya sangat mengagumkan.

SUISEKI koleksi Thomas Budi Santoso

“Saya juga punya Brazilian Raintree,” kata Om Yap, sambil berjalan menuju bonsai kesayangannya itu. Bonsai spesies Brazilian Raintree ini tak banyak orang punya di Indonesia. Lebih-lebih yang besar batangnya seukuran paha, di Indonesia ini yang punya bisa dihitung dengan jari sebelah tangan. Kalau tak salah data, hanya tiga orang di Indonesia ini yang punya bonsai Brazilian Raintree dengan batang sebesar paha.
Banyak dari bonsai koleksi Om Yap yang telah mendapatkan bendera (juara). Berbagai macam spesiesnya, dari hokiantee, jeruk kingkit, ficus, ulmus, kawis batu, cemara udang, Brazilian raintree, sampai asam jawa.

SUISEKI koleksi Thomas Budi Santoso

“Khusus untuk bonsai asem jawa saya ini, ada sejarahnya. Saya selalu menanam satu batang asam jawa sesuai tanggal kelahiran anak saya,” kata Om Yap. “Karena itu saya selalu ingat umur dua bonsai asam jawa saya ini karena usianya sama dengan anak saya. Yang satu 30 tahun 6 bulan, yang satunya 29 tahun,”  lanjutnya.
Disela-sela kesibukannya yang begitu padat sebagai orang nomor satu di perusahaan rokok  PT Djarum Kudus, Om Yap masih sempat mensisakan waktu untuk mengontrol langsung satu demi satu koleksi batu suiseki maupun bonsai-bonsainya. Untuk batu Suiseki dia tangani sendiri, sementara untuk bonsai ia menggaci seorang perawat sekaligus trainer.

IWAN GAJAH /www.bursabonsai.com

15 Comments

  1. Kardi Trianto says:

    Koleksi batu suiseki dan bonsai bapak ini bagus2.
    Salut

    Kardi Trianto

  2. Brahma Aditya says:

    Rasa hormat saya buat pak Thomas Budi
    disela-sela kesibukannya memimpin perusahaan rokok terbesar di Indonesia,
    beliau masih sempat menyempatkan perhatian pada bonsai dan suiseki
    Bonsai bisa menurunkan tensi darah tinggi lhompak.

    Trims buat redaksi http://www.bursabonsai.com atas sharing infonya
    BA — Jakarta

  3. Sunarto Wibowo says:

    Sayang koleksinya pak Thomas tidak bisa ditampilkan semua
    saya yakin koleksi beliau sangat banyak dan berkualitas

  4. Mohammad Dzofar says:

    Kira-kira di harga berapa ya yang tertinggi bonsai-bonsai koleksi bapak ini
    Boleh tahu ga?

  5. Haris says:

    Waaah koleksinya bagus-bagus, smoga Bapak berkenan menapilkan foto-foto yang lainnya, trims..

  6. dodytaj says:

    saya penasaran dengan koleksi yg lain nya,smoga bapak berkenan menampilkan koleksi suiseki nya,trims
    soal nya sy pnya koleksi suiseki itu jg hasil nemu tp djamin bagus,

  7. Miftah Y Suropati says:

    No comment
    koleksi Pak Thomas Budi benar-benar berkelas

  8. tita says:

    Pak, saya bu tita di jogjakarta,suami saya menemukan batu seperti kelereng berwarna coklat muda tidak ada yang istimewa dari batu ini, tapi yang bikin unik batu ini mengeluarkan aroma wangi,kami tidak tahu ini termasuk batu atau bukan karna saya ketok-ketok jugakeras dan bergaris-garis seperti keramik bila bapak berminat mohon hub saya o81915525213

  9. Yudi says:

    Pak Thomas yg terhormat, saya pny koleksi batu suiseki yg bagus mudahan bisa untuk ikut pameran batunya dari aliran sungai ombilin sumatera barat

  10. joyo says:

    Salut tuk pak Budi…
    Boleh pak tengok suiseki koleksi kami, jika berminat juga boleh dibeli
    alamat web : joyosuiseki.multiply.com

    Salam hangat
    Joyo

  11. Abdullah says:

    Halo, ingin beli bonsai di jakarta. Dimana jual?

  12. Moch Farizi says:

    Ass Pak Budi, saya mempunyai batu sueseki yang sangat unik berbentuk kepala ular & sudah bersertifikat. Kiranya bapak berkenan bisa menghubungi saya di 081316127676 atau di Toko Bagus, kategori Koleksi ; Fosil ; Batu berbentuk kepala ular ( ada gambarnya ). Terima kasih sebelumnya.

  13. Ima Mutasim says:

    pak thomas..saya ada suizeki ciniru kuningan pernah dibawa ke ASPAC BALI, barangkali bapak ada minat nambah koleksi, bisa menghubungi no saya di 085323205063. terima kasih banyak

  14. p T.budi santoso. .saya punya koleksi bonsai. dari bahan santegi dan cemara udang. .kalau bpk berminat. .silahkan. bpk menghubungi.saya. 081331400996 galeri saya di sumenep madura. ..saya jamin.bonsai saya layak pameran. . nyamohon maaf sebelum…..

Leave a Reply

Copyright © 2011 bursabonsai.com · All rights reserved